Programs & Activities

Rancangan Program & Kegiatan PADI Artground 2011
Pada tahun 2011 ini secara spesifik  PADI Artground akan mengadakan program pameran, workshop, diskusi dan kegiatan memiliki nilai-nilai yang dapat selaras dengan  fungsi PADI Artground sebagai ruang seni alternatif. Nilai tersebut adalah “…memberikan kesempatan bagi setiap eksperimentasi, eksplorasi, inspirasi dan riset dari seniman, budayawan, desainer, sastrawan serta insan kreatif di Bandung untuk saling berbagi pengalaman, pemikiran, wawasan serta pengetahuan dengan masyarakat umum…”  dengan harapan bahwa PADI Artground  kelak dapat menjadi semacam laboratorium kreatif yang hasilnya dapat diakses dan diaktualisasikan oleh siapapun. Fokusnya adalah mereka (seniman, desainer, sastrawan, musisi, kritikus seni, kurator, penulis seni, dan insan kreatif lainnya) yang memiliki karya dengan sudut pandang, wawasan, pengalaman serta kecenderungan pemikiran yang berbeda, unik, dan eksploratif yang secara intens dan konsisten mengembangkan karyanya tersebut . Berikut adalah penjelasan lebih mendetail mengenai bentuk dari program PADI Artground.

Pameran
Pameran yang diadakan di PADI Artground, meliputi karya yang dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi tanpa batasan media, medium maupun tema. Siapapun bisa menggagas, mengadakan dan mengajukan pameran di PADI Artground dengan catatan telah melewati proses seleksi dari dewan kurator PADI Artground, isi dan materi pameran dapat dipertanggung jawabkan kepada publik. Setiap ajuan pameran yang masuk dan diajukan, baik oleh dan melalui dewan kuratorial ataupun tidak, akan dipresentasikan  setiap bulan Januari pada setiap tahunnya. Berikut adalah rancangan pameran yang akan diadakan di PADI Artground tahun 2011.

PADI Artground; 360 Artist Series
Rangkaian pameran tunggal dari seniman yang memiliki karya dengan kecenderungan, nuansa dan sensasi berbeda. Baik dari segi presentasi karya, tematik, medium dan media, visual, estetis, teks dan konteks. Melalui pameran ini seniman diharapkan dapat membagikan pengalamannya dalam berkarya dan menggarap sebuah gagasan, permasalahan dan gagasan tertentu. Karya yang dipamerkan tidak harus karya yang baru, akan tetapi karya-karya tersebut merupakan karya yang memenuhi aspek eksperimentasi, eksplorasi yang konsisten dan intens. Hal tersebut dilakukan karena pada rangkaian pameran tunggal ini ditujukan untuk memberikan ruang agar seorang seniman cukup leluasa untuk berbagi pengalaman dengan mempresentasikan serangkaian karyanya kepada publik dengan bentuk artist talk dan diskusi. Tidak ada tema khusus pada rangkaian pameran tunggal ini. Karenanya seorang seniman/desainer dipersilahkan untuk memamerkan seluruh karya yang pernah ia buat. Metoda tersebut ditempuh untuk memberikan perspektif yang  beragam, kaya dan menyeluruh bagi publik. Dengan harapan bahwa publik pun akan lebih mengenal seniman beserta karyanya secara persona, dari mulai gagasan, pemikiran, sudut pandang, pengetahuan dan wacana yang memepengaruhi keputusan dalam setiap karyanya. PADI Artground; 360 Artist Series ditujukan dan dirancang sebagai ruang dan wadah bagi seniman, desainer dan insan kreatif lainnya untuk bertemu berdiskusi, bertukar pikiran dengan publik yang lebih luas dengan nyaman dan leluasa. Sehingga diharapkan dapat memberi aktualisasi informasi baik untuk yang berpameran dan yang menyaksikan.

Pameran Kelompok
Pameran dengan jumlah peserta yang lebih dari satu orang. Memiliki keunikan dengan kecenderungan, nuansa dan sensasi berbeda. Baik dari segi presentasi karya, tematik, medium dan media, visual, estetis, teks dan konteks. Diskusi atau Artist talk di anjurkan untuk selalu ada dalam setiap pameran sebagai sarana untuk saling mengaktualisasi informasi.

Diskusi & Workshop
Kegiatan diskusi dan workshop adalah salah satu elemen yang akan selalu ada pada program PADI Artground baik sebagai kegiatan pendamping ataupun sebagai kegiatan utama. Dikarenakan diskusi akan memberikan beragam persepektif  terhadap suatu hal tertentu dari beragam sisi dan pihak bertemu secara menyeluruh  sehingga dapat memberikan perspektif dan pemahaman yang sama sekali baru bagi seluruh pihak. Sedangkan workshop akan memberikan pengalaman dalam bentuk yang beragam baik bagi pemateri maupun pesertanya dengan harapan pengalaman tersebut akan menimbulkan stimuli bagi perkembangan terhadap suatu hal tertentu. Diskusi dan workshop dapat diadakan secara berkala, tanpa batasan tema, media dan medium. Diskusi dan workshop dengan isu yang menyangkut SARA pada pelaksanaannya akan melalui serangkaian pembahasan bersama dewan kurator PADI Artground. Diskusi dan workshop yang diadakan harus dapat diakses oleh semua orang tanpa adanya sifat komersil dari kegiatan tersebut.

Riset Terpadu 
Selain mengadakan kegiatan diskusi dan workshop, riset juga merupakan salah satu elemen yang sangat penting. Karena hanya dengan melalui riset setiap perkembangan akan memiliki penampang yang tepat dan proporsional. Kegiatan meneliti sebuah wawasan, gagasan, ide, pemikiran ataupun wacana akan membawa seluruh hal tersebut mewujud menjadi sebuah pengetahuan yang berguna dan dapat diduplikasi, diterapkan dan digunakan atau bahkan kemudian dikaji dan diperbaharui oleh orang banyak. Riset akan memperkaya referensi dari setiap program yang diadakan oleh PADI Artground. Selain itu pula kegiatan riset ini diperuntukan bagi generasi muda untuk membangun minat serta kesadaran untuk tetap kritis dan bersikap asertif terhadap segala perubahan dan mewujudkannya dalam bentuk kegiatan penulisan.

Pengembangan Komunitas
Program pengembangan komunitas dirancang untuk memberikan waktu serta ruang bagi berbagai komunitas di Bandung, baik untuk mereka yang bersinggungan dengan kegiatan kesenian, desain, dan kegiatan kreatif lainnya ataupun tidak sama sekali untuk berbagi pengalaman atau mempeluas pengaruhnya melalui berbagai macam kegiatan yang dapat diikuti oleh publik. Baik secara berkala maupun tidak.

Pusat Data dan Pengarsipan
Pusat data dan pengarsipan berfungsi sebagai bagian dari program dan kegiatan PADI Artground dengan tujuan agar kelak bandung memiliki rekam jejak yang komprehensif dari perkembangan seni rupa, desain, kegiatan kreatif, perkembangan komunitas, dan sebagainya. Data yang dikumpulkan tidaklah melulu terpusat pada kegiatan yang diadakan di PADI Artground akan tetapi pada seluruh kegiatan yang ada di Bandung.

Seluruh hasil pelaksanaan program dan kegiatan PADI Artground pada setiap tahunnya akan diterbitkan dalam bentuk jurnal digital dan dibagikan secara gratis melalui portal situs PADI Artground. Laporan pertanggung jawaban program dan kegiatan juga wajib diberikan dalam bentuk seminar umum pada bulan Januari setiap tahunnya kepada khalayak umum dengan tujuan untuk mendapatkan saran, kritik dan masukan demi perkembangan program di tahun berikutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s